RadarURL

12 September 2013

Fungsi Air Liur

Air liur atau saliva normalnya tidak berwarna atau jernih, seperti cairan dan dihasilkan oleh beberapa kelenjar di bagian mulut. Air liur ini berperan penting sebagai bagian dari kesehatan tubuh seseorang. Air liur sebagian besar terdiri dari air. Tapi air liur juga memiliki substansi penting yang digunakan oleh tubuh kita untuk mencerna makanan dan menjaga gigi kita tetap kuat.
Air liur sangat penting karena:
  1. Menjaga mulut kita dalam keadaan lembab dan nyaman
  2. Membantu kita saat mengunyah, mengecap dan menelan makanan
  3. Melawan kuman-kuman di mulut dan mencegah bau mulut
  4. Air liur juga mengandung protein dan mineral sehingga membantu melindungi enamel gigi dan mencegah pembusukan pada gigi dan cegah penyakit gusi
  5. Membantu menjaga posisi gigi agar tetap pada tempatnya.

Setiap mengunyah, air liur akan diproduksi dan makin sering dan kuat Anda mengunyah maka air liur yang diproduksi, juga akan semakin banyak, termasuk saat menghisap permen.
Adapun kelenjar yang menghasilkan air liur disebut sebagai kelenjar air liur atau salivary glands. Kelenjar air liur ini terletak di dalam masing-masingpipi, di bagian bawah mulut dan dekat bagian depan gigi di daerah tulang rahang. Terdapat 6 kelenjar air liur utama (sepasang kelenjar parotis, sepasang kelenjar submandibula, dan sepasang kelenjar sublingual) dan ratusan kelenjar air liur tambahan.
Air liur yang bergerak melalui kanal yang disebut dengan duktus atau kanal air liur (salivary ducts). Kelenjar parotis merupakan kelenjar air liur terbesar dan menghasilkan 25% dari air liur. Kelenjar submandibula terletak di rahang bawah dan menghasilkan 70% dari air lir, sedangkan kelenjar sublingual terletak di bawah lidah dan menghasilkan 5% dari air liur. 
Dalam keadaan normal, tubuhmemproduksi air liur sekitar 1-1,5 literdalamsehari, paling banyak biasanya diproduksi saat siang hari dan paling sedikit diproduksi saat malam hari.

Sumber : dr. Handris Yanitra meetdoctor.com
Posting Komentar